Menguasai Teknik Penholder Grip dalam Tenis Meja : antrakasa.com

Halo semua, jika kamu seorang pemain tenis meja dan ingin meningkatkan teknikmu, maka kamu datang ke artikel yang tepat. Pada artikel ini, kita akan membahas teknik penholder grip dalam tenis meja dan bagaimana kamu bisa menguasainya. Teknik ini sangat penting dalam permainan tenis meja karena dapat mempengaruhi gaya bermainmu dan meningkatkan kemampuanmu di lapangan.

Apa Itu Penholder Grip?

Sebelum kita membahas lebih dalam tentang bagaimana menguasai teknik penholder grip, mari kita bahas dulu apa itu penholder grip. Penholder grip adalah teknik memegang raket tenis meja yang umumnya digunakan oleh pemain tenis meja Asia. Cara memegang raket ini adalah dengan meletakkan jari-jari secara sejajar di sisi raket dan ibu jari di sisi raket bagian belakang. Teknik ini sering digunakan oleh pemain yang cenderung agresif di lapangan dan sering memainkan backhand dengan gerakan jari yang cepat.

Kelebihan dan Kekurangan Penholder Grip

Sebelum kita membahas tentang cara menguasai teknik penholder grip dengan benar, mari kita bahas kelebihan dan kekurangan dari teknik ini.

READ ALSO  Schedule a post office visit : DownloadLagu
Kelebihan Kekurangan
– Mudah untuk melakukan gerakan backhand yang cepat – Sulit untuk melakukan forehand yang kuat
– Tidak memerlukan gerakan tangan yang besar – Sulit untuk melakukan topspin
– Lebih mudah untuk mengambil bola yang jatuh di sisi kanan – Lebih sulit untuk melakukan servis dengan kuat dan variatif

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari teknik penholder grip, mari kita bahas bagaimana menguasainya.

Cara Menggunakan Penholder Grip dengan Benar

Bagaimana cara memegang raket menggunakan penholder grip? Mari kita simak langkah-langkahnya:

1. Memilih Raket yang Tepat

Pertama-tama, kamu harus memilih raket yang tepat untuk teknik penholder grip. Raket yang digunakan untuk penholder grip harus ringan dan mempunyai handle yang lebar. Hal ini karena teknik penholder grip memerlukan gerakan tangan yang cepat dan mudah untuk menggenggam raket kembali setelah melakukan gerakan backhand.

2. Menggenggam Raket dengan Benar

Setelah kamu memilih raket yang tepat, langkah selanjutnya adalah menggenggam raket dengan benar. Cara menggenggam raket dengan penholder grip adalah dengan meletakkan jari-jari secara sejajar di sisi raket dan ibu jari di sisi raket bagian belakang. Pastikan kamu merasa nyaman dan stabil saat memegang raket.

3. Memposisikan Tubuh dengan Benar

Selanjutnya, kamu harus memposisikan tubuhmu dengan benar saat menggunakan penholder grip. Pastikan berdiri tegak dengan kaki selebar bahu dan tubuh cenderung condong ke depan. Hal ini memberikan kamu kemampuan untuk bergerak cepat dan meluncur ke depan dan belakang.

4. Melakukan Gerakan Backhand dengan Cepat dan Akurat

Gerakan backhand dengan penholder grip dapat dilakukan dengan cepat dan akurat. Cara melakukan gerakan backhand adalah dengan menggerakkan tanganmu ke arah bola dan memukulnya dengan pergelangan tanganmu. Pastikan kamu merasa nyaman dengan gerakanmu dan latihlah gerakanmu secara teratur.

READ ALSO  Jenis layanan terlengkap dari instansi pemerintah : Tubidy

5. Melakukan Forehand dengan Gerakan yang Tepat

Forehand dengan penholder grip lebih sulit dilakukan dibandingkan backhand. Namun, kamu dapat melatih gerakanmu dengan menggerakkan lenganmu ke samping dan memutar sekitar pergelangan tanganmu. Latihan secara teratur dapat membantu kamu menguasai teknik ini.

6. Membiasakan Diri dengan Teknik Topspin

Topspin adalah teknik mengubah arah bola dengan memberi putaran yang memungkinkan bola jatuh dengan lebih cepat dan sulit untuk dijangkau oleh lawanmu. Teknik ini sulit dilakukan dengan penholder grip, namun kamu dapat mempelajarinya dengan latihan secara teratur.

FAQ

1. Apa perbedaan antara penholder grip dan shakehand grip?

Penholder grip adalah teknik memegang raket di sisi raket dan ibu jari di sisi raket bagian belakang. Sementara itu, shakehand grip adalah teknik memegang raket dengan menggenggam handle raket seperti cara kita biasa memegang pena.

2. Apa kelebihan dan kekurangan dari shakehand grip?

Kelebihan dari shakehand grip adalah kemampuan untuk melakukan forehand yang kuat dan topspin. Kekurangan dari shakehand grip adalah sulit untuk melakukan gerakan backhand yang cepat.

3. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menguasai teknik penholder grip?

Waktu yang dibutuhkan untuk menguasai teknik penholder grip bervariasi tergantung pada seberapa sering kamu berlatih dan seberapa nyaman kamu dengan teknik ini. Namun, dengan latihan secara teratur, kamu dapat menguasai teknik penholder grip dalam waktu beberapa bulan.

4. Mengapa teknik penholder grip lebih sering digunakan oleh pemain tenis meja Asia?

Penholder grip lebih sering digunakan oleh pemain tenis meja Asia karena teknik ini lebih cocok untuk pemain yang cenderung agresif di lapangan dan sering memainkan backhand dengan gerakan jari yang cepat. Selain itu, teknik ini juga sesuai dengan struktur jari-jari mereka.

READ ALSO  Publikasi Ilmiah : beasiswasarjana.com

Sumber :