Tips Menulis Kesimpulan dan Saran pada Laporan PKL dengan Bahasa yang Tepat : PatriciaMollie.com

Cara Membuat Kesimpulan dan Saran Pada Laporan PKL

PKL atau Praktek Kerja Lapangan adalah kegiatan wajib bagi mahasiswa untuk mengenal dan mempraktekkan ilmu yang telah dipelajari selama kuliah di dunia kerja. Sebagai bagian dari PKL, mahasiswa diharuskan membuat laporan berisi ringkasan kegiatan dan hasil yang diperoleh selama masa PKL. Salah satu bagian penting dalam laporan PKL adalah kesimpulan dan saran. Bagaimana cara membuat kesimpulan dan saran yang tepat pada laporan PKL? Simak ulasan berikut ini.

1. Memahami Tujuan Kesimpulan dan Saran

Sebelum membuat kesimpulan dan saran pada laporan PKL, pastikan Anda memahami tujuan dari bagian ini. Tujuan dari kesimpulan adalah untuk memberikan ringkasan dari hasil yang diperoleh selama masa PKL, sedangkan tujuan dari saran adalah memberikan rekomendasi atau solusi atas permasalahan yang ditemukan selama PKL.

2. Analisis Hasil PKL dengan Teliti

Sebelum menulis kesimpulan dan saran, analisis hasil PKL dengan teliti. Bacalah catatan harian dan dokumen yang telah disusun selama PKL dengan cermat. Jika perlu, lakukan wawancara dengan pembimbing PKL untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai pekerjaan yang telah dilakukan.

READ ALSO  Batas penggunaan fitur transfer pulsa Indosat untuk pengguna lain : MahirTransaksi

3. Menyusun Kesimpulan yang Tepat

Setelah melakukan analisis hasil PKL, susunlah kesimpulan yang tepat dan relevan. Jangan hanya menuliskan ulang hasil yang sudah ada di laporan, tetapi berikan ringkasan yang singkat dan padat. Sebutkan hal-hal yang telah dicapai selama PKL dan bagaimana hal tersebut membantu penyelesaian masalah atau pencapaian tujuan perusahaan.

4. Memberikan Saran yang Konstruktif

Setelah menyusun kesimpulan, langkah selanjutnya adalah memberikan saran yang konstruktif. Berikan solusi yang memungkinkan untuk mengatasi masalah yang ditemukan selama PKL. Saran yang diberikan harus sesuai dengan bidang atau industri yang menjadi fokus PKL.

5. Menjelaskan Alasan dari Setiap Saran

Jangan hanya memberikan saran, tetapi juga jelaskan alasan dari setiap saran yang diberikan. Jika mungkin, sertakan data atau fakta yang mendukung saran yang diberikan. Dengan memberikan alasan yang jelas dan kuat, saran yang diberikan akan lebih mudah dipahami dan diterima oleh pihak yang berkepentingan.

6. Memperhatikan Format dan Gaya Bahasa yang Tepat

Setelah menyusun kesimpulan dan saran, pastikan format dan gaya bahasa yang digunakan sudah tepat. Perhatikan tata bahasa, ejaan, dan penggunaan kata yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar. Gunakan kalimat yang mudah dipahami dan hindari penggunaan bahasa yang terlalu formal atau jargon yang sulit dipahami.

7. Meminta Pendapat dari Pembimbing PKL

Sebelum menyelesaikan laporan PKL, sebaiknya Anda meminta pendapat dari pembimbing PKL mengenai kesimpulan dan saran yang telah disusun. Terkadang, pembimbing dapat memberikan masukan yang berguna dan membantu meningkatkan kualitas laporan PKL.

8. Melakukan Revisi dan Koreksi

Setelah mendapatkan masukan dari pembimbing PKL, lakukan revisi dan koreksi pada kesimpulan dan saran yang telah disusun. Pastikan tidak ada kesalahan tata bahasa, ejaan, atau format yang kurang tepat. Laporan PKL yang rapi dan bebas dari kesalahan akan meningkatkan kualitas dan kemungkinan diterima oleh pihak yang berkepentingan.

READ ALSO  Jenis layanan terlengkap dari instansi pemerintah : Tubidy

9. Memperhatikan Tanggal dan Penandatanganan

Sebelum menyerahkan laporan PKL, pastikan tanggal dan penandatanganan pada laporan sudah tepat. Tanggal pada laporan harus sesuai dengan periode PKL yang telah dilakukan. Penandatanganan pada laporan harus dilakukan oleh mahasiswa yang menjalani PKL dan pembimbing PKL yang telah memberikan bimbingan selama PKL.

10. Memperhatikan Aturan Penulisan Laporan PKL

Terakhir, pastikan Anda memperhatikan aturan penulisan laporan PKL yang berlaku. Setiap perguruan tinggi atau jurusan dapat memiliki aturan yang berbeda-beda mengenai format dan konten laporan PKL. Pastikan Anda telah memahami aturan yang berlaku sebelum membuat laporan PKL dan kesimpulan serta saran yang tepat.

Kesimpulan

Membuat kesimpulan dan saran pada laporan PKL adalah bagian penting yang harus diperhatikan dengan baik. Untuk membuat kesimpulan dan saran yang tepat, Anda perlu memahami tujuan dari bagian ini, melakukan analisis hasil PKL dengan teliti, menyusun kesimpulan yang tepat, memberikan saran yang konstruktif, menjelaskan alasan dari setiap saran, memperhatikan format dan gaya bahasa yang tepat, meminta pendapat dari pembimbing PKL, melakukan revisi dan koreksi, memperhatikan tanggal dan penandatanganan, serta memperhatikan aturan penulisan laporan PKL yang berlaku. Dengan memperhatikan semua hal tersebut, Anda dapat membuat laporan PKL yang berkualitas dan memiliki kesimpulan serta saran yang tepat untuk memberikan manfaat bagi pihak yang berkepentingan.

Sumber :